Health

Teknik Yoga Untuk Meringankan Rasa Nyeri Saat Haid

Yoga Atasi Nyeri Mesntruasi

Tidak sedikit kaum wanita yang mengalami rasa nyeri pada bagian perut saat menghadapi siklus bulanan. Dan rasa nyeri ini tentu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari mereka yang mengalaminya.

Namun jangan khawatir, bagi Anda yang memilih cara sehat untuk mengatasi rasa nyeri saat haid ini, bisa menggunakan teknik yoga seperti berikut.

Teknik yang dimaksud adalah sebuah teknik yoga yang dikenal sebagai Yoga Nidra atau sering dikenal sebagai Yogic Sleep.

Sebuah studi diadakan dengan melibatkan 150 wanita yang diminta mempraktekkan teknik yoga ini.  Demikian disebut dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine.

Teknik ini merupakan teknik yoga yang didasari teknik relaksasi dan dilakukan didasari pengawasan meditasi.

Setelah enam bulan melakukan teknik Yoga Nidra ini, mereka yang menghadapi rasa nyeri, tak lagi merasakan kesakitan saat haid dan pendarahan berlebihan,.

Para peneliti mengemukakan bahwa yoga ini tak hanya membantu diri merasa lebih positif namun sekaligus turut membantu memperlambat dan menetralkan pola bernafas.

Ini membiarkan otak memproduksi gelombang delta yang tak jauh berbeda seperti saat tertidur lelap dan pada akhirnya, dapat mengurangi jumlah hormon penyebab rasa sakit.

Memang cara ini bukan cara instan yang langsung terasa efeknya seperti jika menggunakan obat-obatan. Namun cara ini jelas lebih menguntungkan dari segi kesehatan bahkan untuk seluruh tubuh.

Jika Anda tertarik mencobanya, Anda bisa mencoba teknik ini dan mencari tutorialnya di berbagai channel video sharing seperti Youtube dan sejenisnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Similar Posts

Leave a Reply