Health Lifestyles

Cara Hemat dan Mudah Turunkan Resiko Diabetes dan Jantung

Jalan Kaki Menurunkan Resiko Diabetes dan Sakit Jantung

Sehat tak harus dengan mahal, idiom tersebut tepat dan dapat dibuktikan. Jika Anda bersedia  meluangkan waktu 20 menit untuk berjalan kaki setiap hari, maka hal ini dapat berpengaruh sangat baik terhadap kondisi fisik dan kesehatan diri Anda.

Jalan kaki sendiri merupakan salah satu bentuk olahraga yang tidak terlalu berat, menyehatkan sekaligus tidak memakan waktu lama serta biaya besar.

Sebuah studi yang dikemukakan oleh University of Leicester menemukan bahwa setiap 2000 langkah dalam sehari selama setahun, akan menurunkan resiko jantung sebesar 8 persen.

Jalan kaki sebanyak 2000 langkah tersebut akan ditempuh dalam waktu kurang lebih hanya sekitar 20 menit saja.

Penelitian ini melibatkan hampir 10 ribu orang dewasa dari 50 negara berbeda. Setiap peserta ikut berpartisipasi dalam program penurunan berat badan dan kadar lemak serta meningkatkan porsi olahraga menjadi 150 menit setiap minggu.

Hasilnya, ditemukan sebuah hubungan erat antara resiko penyakit jantung dengan jumlah waktu berjalan yang dilakukan masing-masing peserta.

Apabila dibandingkan dengan orang lain yang tak berjalan kaki, seseorang yang berjalan 2000 langkah lebih banyak pada bagian awal studi, diketahui memiliki penurunan resiko perkembangan penyakit jantung sebanyak 10 persen.

Untuk setiap tambahan 2000 langkah yang dilakukan, resiko penyakit jantung menurun sebesar 8 persen.

Nah, mulailah setiap hari Anda dengan jalan kaki selama 20 menit di sekitar Anda untuk hidup yang lebih sehat.

Artikel Menarik Lainnya:

Similar Posts

Leave a Reply