Kuliner

Tips Agar Bahan Makanan Di Kulkas Tetap Segar

Sayuran Segar

Bahan makanan yang disimpan di kulkas kadang kedapatan sudah tidak segar akibat kelamaan dibiarkan dan tidak sempat diolah.

Tidak dapat disalahkan juga apabila menyimpan banyak stok makanan mentah di kulkas atau rak dapur. Karena sering saat berbelanja kita tertarik berbelanja membeli sesuatu yang menarik di luar yang sudah direncanakan, Kadang juga kita berbelanja lebih di luar belanja bulanan yang terjadwal.

Untuk menghindari agar tidak banyak bahan makan yang terbuang,  ada beberapa hal mudah yang dapat dilakukan agar bahan makanan yang telah dibeli bisa bertahan lama dan tetap segar.

Tips ini selain menjaga bahan makanan agar tetap segar, juga menghemat pekerjaan selanjutnya.

1. Rajin Membersihkan Kulkas. 

Ada baiknya kulkas rajin dibersihkan. Dengan begitu bahan makanan yang ada di dalam kulkas akan terjaga kebersihannya dan tidak tercemar bila ada bahan makanan yang sudah membusuk karena terlalu lama berada di kulkas.

Bila menemukan bahan makanan yang sudah busuk, bahan makanan tersebut harus segera dibuang agar tidak mengontaminasi bahan makanan lainnya yang masih segar.

Pastikan agar tidak ada air atau cairan yang menggenang karena dapat membuat bahan makanan seperti sayur dan buah lebih cepat membusuk.

2. Hindari Kutu

Saat menyimpan beras atau tepung gandum dalam jumlah besar, seringkali dipenuhi oleh kutu. Untuk menjauhkan beras dan gandum dari kutu masukkan daun salam dalam kantung berisi beras atau gandum atau tempat penyimpanan lainnya.

Daun salam mampu menjaga serangga tetap menjauh dari bahan makanan anda. Ganti daun salam setiap 3 bulan sekali.

3. Cegah Bau Busuk

Untuk menyerap bau busuk di kulkas yang berasal dari bahan makanan atau makanan yang sudah diolah, tempatkan belahan kentang di beberapa tempat dalam kulkas.

Belahlah kentang menjadi dua bagian atau lebih dan kemudian masukkan secara acak di dalam kulkas. Belahan kentang dapat menyerap bau busuk. Belahan kentang tersebut cukup diganti setiap tiga hari sekali dengan yang masih segar

4. Simpan Telur Dengan Teratur

Untuk penyimpanan telur dalam kulkas, simpan dengan ujung yang kecil berada di bawah. Menyimpan dengan cara tersebut akan memastikan bahwa kantung udara yang berada di atas tidak tertekan oleh berat telur sehingga tidak pecah dan pecahnya kantung udara akan mempercepat proses pembusukan telur

5. Pisahkan Tomat dan Mentimun

Simpanlah tomat dan mentimun di tempat yang berbeda karena tomat mengeluarkan gas yang dapat membuat timun menjadi lebih cepat busuk.

Ada baiknya tempat penyimpanan tersebut diberikan koran atau kertas sebagai alas agar tomat dan timun selalu kering sehingga lebih awet dan segar

6. Pisahkan Juga Apel

Jangan simpan apel bersama dengan buah-buahan matang yang lain karena apel mengeluarkan gas tertentu yang dapat menyebabkan buah-buahan dan sayuran cepat membusuk.

Sebaliknya, simpan buah apel dengan buah yang terlalu matang berdekatan agar buah yang belum terlalu matang atau mengkal bisa cepat matang.

7. Jaga Kesegaran Roti

Agar roti tetap segar lebih lama dari biasanya, masukkan irisan kecil apel atau kentang mentah di dalam wadah tempat menyimpan roti.

Demikian tips untuk menjaga agar bahan makanan lebih awet dan tetap segar.

Artikel Menarik Lainnya:

Similar Posts