Home and Garden Tips and Tricks

Membersihkan Serangga di Kebun Secara Alami

Serangga kebun

Kebun atau taman di rumah biasa menjadi tempat bermain anak-anak. Sayang sekali jika terdapat serangga yang mengganggu. Menggunakan pembasmi serangga juga berbahaya mengingat lingkungan tersebut adalah tempat bermain.

Solusi yang aman dan sesuai adalah dengan memanfaatkan tanaman yang tidak disukai serangga. Dengan menanam tanaman tersebut di tiap sudut kebun, serangga akan merasa terintimidasi dan menjauh.

Tanaman yang di benci serangga antara lain adalah Pachyrrhizus erosus alias Bengkuang. Bengkuang bijinya mengandung rotenoid yaitu pakhirizida yang dapat digunakan sebagai insektisida dan larvasida yang membuat serangga menjauhi tanaman ini.

Potong batang dan daun yang menjalar atau berikan rambatan ke atas dan kontrol pertumbuhan daunnya agar tidak mengganggu keindahan.

Tanaman lain adalah Jariangau, atau Jerangau (Acorus calamus). Seperti jahe dan kunyit, Jerangau ini memiliki rimpang alias batang yang bermodifikasi dan menjalar ke dalam tanah dan menjadi alat reproduksi dengan munculnya tunas baru.

Rimpang Jerangau ini mengandung komponen utama asaron dan biasanya digunakan untuk racun serangga dan pembasmi cendawan, serta mematikan bagi beberapa macam hama.

Artikel Menarik Lainnya:

Similar Posts