Beauty

Tip Cantik: Merawat Kecantikan Sesuai Usia

Perawatan Wajah Sesuai Usia

Meski kelihatannya sepele, pengetahuan tentang kulit dan perawatannya sebetulnya sangat penting. Jika tidak, bisa-bisa kulit jadi kering, kusam, keriput, dan cepat mengalami penuaan. Apa saja yang harus dilakukan agar kulit tetap sehat dan segar? Berikut penjelasan Dr Tjut Nurul Alam Jacoeb, SpKK (K) dari Klinik Sam Marie, Jakarta.

USIA 20-30 TAHUN

Kelenjar sebum makin terkontrol karena hormon androgen mulai seimbang. Di usia yang sering disebut usia dewasa ini, kondisi kulit tengah bagus-bagusnya. Lapisan epidermis yang fungsinya menahan air juga makin terkontrol sehingga kulit terlihat kenyal.

Nah, baru di atas 30 tahun ada beberapa hal yang harus diperhatikan. “Sebetulnya, dari segi usia belum tua, tapi pengaruh lingkungan, seperti sinar matahari, akan memperburuk kondisi lapisan dermis.”

Di dalam lapisan dermis terdapat elastin dan kolagen yang membuat kelenturan kulit. Orang yang kulitnya lentur, berarti lapisan elastin dan kolagennya bagus. Nah, matahari bisa menyebabkan serabut elastin dan kolagen rusak sehingga memicu penuaaan dini (premature aging).

Tandanya, antara lain, muncul kerutan di ujung mata, kulit bertambah kering karena epidermis rusak sehingga tidak bisa menahan air yang banyak menguap. Usia ini mulai masuk fase penuaan dini.

Perawatan:
a. Pertahankan keindahan kulit dengan memerhatikan kondisi kulit. Kalau kulitnya berminyak, boleh mencuci dengan sabun. Sementara kulit kering gunakan susu pembersih (cleansing milk).
b. Menjelang usia 30, boleh memakai pelembab wajah dengan dasar air karena produksi minyak sebetulnya masih ada. Justru air yang lebih cepat berkurang karena terbantu oleh kerusakan akibat lingkungan tadi. Ada dua jenis pelembab, yang bersifat menutup dan menarik air. “Pilih pelembab yang sifatnya menarik air karena akan membuat kulit jadi lebih lembab, tidak kering.”

DI ATAS 40 TAHUN

Di atas 40-an, kulit mulai menua. Hormon estrogen mulai berkurang sehingga elastisitas dan kekenyalan kulit mulai memudar. Semakin tua, semakin habis pula hormon estrogen wanita. Hormon ini sebetulnya dimiliki baik oleh perempuan maupun lelaki, namun pada perempuan relatif lebih tinggi.

“Pada masa menopause, hormon ini tak lagi diproduksi. Akibatnya, kolagen dan elastin berkurang, tak bisa menahan air lagi. Pokoknya, kulit orang di usia ini kering, keriput, tidak lentur lagi, dan kelihatan kusam karena airnya kurang.”

Perawatan:
a. Wajib pakai pelembab karena kulit mulai kekurangan air. Untuk wajah yang kelihatan keruh akibat pengelupasan kulit yang tertahan, dianjurkan memakai krim-krim pengelupasan kulit.
b. Bisa juga menggunakan krim untuk menahan penuaan yang kini banyak tersedia.
c. Yang jelas, mencuci muka harus rajin dilakukan. Karena di usia ini, rata-rata kulit kering. Sebaiknya tinggalkan sabun keras, gunakan yang lunak atau pembersih (cleansing). Intinya, dasar pembersihan wajah di semua usia sama, yaitu harus disesuaikan dengan kondisi kulit.

Artikel Menarik Lainnya:

Similar Posts

Leave a Reply