Kuliner Tips and Tricks

Tip Menyimpan Santan Kelapa

Santan Kelapa

Santan adalah hasil perasan dari buah kelapa yang diparut. Sering digunakan sebagai campuran minuman ataupun untuk memasak berbagai macam makanan.

Meski ada santan instan atau santan kemasan, namun biasanya orang lebih suka dengan santan asli dikarenakan lebih kena di lidah alias rasanya enak.

Namun kelemahan santan asli adalah gampang sekali basi, segera setelah dibuat, santan harus dipakai agar tidak menjadi terbuang sia-sia. Ada cara menyimpan santan agar santan sisa yang kelebihan atau jika ingin membuat santan dalam jumlah tidak cepat basi dan tahan berhari-hari.

Cara tersebut antara lain dengan memasukkan ke dalam lemari es dalam wadah tertutup dengan memasukkan sebuah cabai merah ke dalam santan tersebut, santan masih dapat digunakan hingga sekitar 7 hari atau lebih. Jika hanya disimpan di dalam wadah tertutup tanpa dimasukkan ke dalam kulkas, santan hanya akan bertahan selama 6 jam.

Cara yang lebih bagus adalah dengan tip berikut. Rebus santan dan masukkan beberapa sendok garam dapur sesuai jumlah santan. Kemudian angkat dan masukkan ke dalam wadah plastik yang tertutup, bisa kantong plastik, dan masukkan ke dalam freezer.

Dengan cara tersebut, santan dapat bertahan hingga 1 bulan. Sebelum digunakan, cairkan terlebih dahulu santan tersebut jika beku, dan tunggu hingga suhunya kembali normal sesuai suhu ruang.

Artikel Menarik Lainnya:

Similar Posts