Health Lifestyles

Tip Jika Ingin Sukses Dalam Berdiet

Diet Sehat

Diet menurunkan berat badan ternyata tidak semudah yang dikatakan. Itu sebabnya para ahli menciptakan berbagai strategi bagi yang ingin menurunkan berat badan. Berikut adalah salah satu kiat langkah sukses dalam berdiet.

Ingat aturan 25-25-50
Isi piring anda dengan 25% karbohidrat komplek (padi-padian utuh, kacang-kacangan, atau sayuran umbi seperti ubi jalar), 25% protein tak berlemak, dan 50% sayuran dan atau buah.

Jangan melewatkan waktu makan.
Hal ini bisa memperlambat metabolisme antara 20% sampai 30% dan dapat menyebabkan makan berlebihan sesudah itu.

Makan sarapan pagi yang baik
Riset menunjukkan, orang yang makan sarapan cenderung mengkonsumsi total kalori lebih rendah di sepanjang hari. Kombinasi protein dan karbohidrat serat tinggi bekerja paling baik untuk membuat anda merasa kenyang lebih lama. Coba serealia tinggi serat dengan blueberry dan susu atau telur dengan muffin Ingris.

Tidur Yang Cukup
Studi menemukan, tidur kurang dari 8 jam semalam dikaitkan dengan index massa tubuh (Body Mass Index – BMI) yang lebih tinggi. Kurang tidur mempengaruhi hormon yang mengatur nafsu makan.

Kurangi Karbohidrat
COntohnya roti putih dan permen yang dapat menyebabkan kenaikan kadar gula darah, penimbunan cairan, dan sembab ditambah dengan menurunkan tingkat energi.

Pilih daging sapi tak berlemak
Contohnya loin dan daging cincang paling sedikit 93% tak berlemak. Batasi daging sapi berlemak. Sebagai contoh, 3 ons rib eye mengandung sekitar 15 gram lemak. Tiga ons sirloin steak hanya mengandung 5 gram lemak.

Cermati takaran saji
Satu saji daging, ayam atau ikan 4 ons ukurannya sebesar telapak tangan anda. Satu saji keju satu ons ukurannya sama dengan 4 kali dadu.

Tata semuanya di piring
Tujuannya agar anda bisa melihat persisnya berapa banyak yang anda makan.

Variasikan makanan
Jangan makan sarapan, makan siang dan makan malam yang  sama setiap hari. Tubuh kita jadi terbiasa dengan makanan yang sama. Mencampunya bisa meningkatkan metabolisme.

Nilai rasa lapar
Beri skala 1 (tidak lapar sama sekali tapi dapat makan) samapai skala 5 (lapar luar biasa). Usahakan makan di skala 3 samapi 4.

Buat rencana menu
Buat rencana menu sehat selama seminggu sebelum belanja bahan makanan.

Buat catatan harian emosi makanan
Tuliskan apa yang anda makan dan bagaimana perasaan anda ketika makan untuk membantu kemungkinan pemicu makan berlebihan. Misalnya stress, sedih dan lain-lain.

Buat daftar ‘makan banyak’
Makanan yang bisa dimakan dalam jumlah banyak tanpa merasa bersalah sedikitpun. Contohnya sayuran segar dan lain-lain. Buat daftar itu di komputer atau di dapur.

Konsumsi makanan tepat sesudah olahraga
Hindari makan berlebihan sesudah olahraga dengan menetapkan apa yang anda makan terlebih dahulu. COba yogurt dengan buah dan beberapa kacang, atau segelas susu skim atau susu kedelai.

Buat daftar ‘yang sudah dilakukan’
Letakkan disebelah dafta to-do list untuk melacak semua prestasi diet anda, besar dan kecil. Misalnya, berat badan turun satu kilo, intake buah harian meningkat, tidak makan es krim di malam hari, dan lain-lain.

Jangan memusuhi makanan
Sebuah studi di jurnal Appetite menemukan melabeli makanan sebagai makanan terlarang justru dapat meningkatkan rasa ingin makan makanan tersebut.

Tetapkan tanggal yang bisa memotivasi
Bisa tanggal reuni atau berlibur di pantai. Pikirkan acara istimewa yang membuat anda ingin menurunkan berat badan dan usahakan berat badan turun secara aman. Contohnya turun 1 sd 2kg dalam seminggu termasuk yang paling aman.

Tip: Menurunkan Kalori.
Tambahkan  bumbu:
– Daripada menumis buncis dengan mentega, coba kukus dan beri kunyit bubuk dan 1 sendok teh minyak zaitun.
– Tabur bubuk cabai pada jagung ketimbang diolesi mentega.
– Masak nasi dengan sage, thyme, dan serai ketimbang digoreng dengan kecap asin.
– Taburkan rosemary dan bawang putih cincang pada terung sebelum dipanggang ketimbang diberi saus marinara dan keju.
– Tambahkan irisan kulit jeruk dan bubuk kayu manis pada labu panggang, hindari mentega dan brown sugar.
– Beri perasan air jeruk lemon pada bayam atau brokoli ketimbang diberi mentega.

Artikel Menarik Lainnya:

Similar Posts

Leave a Reply